Minggu, 07 September 2014

Pengetahuan Dasar Geografi

KOMPETENSI INTI YANG AKAN DI CAPAI :

3.  Memahami ,menerapkan,menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
     berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
     dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan
     peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
     prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
     memecahkan masalah

KOMPETENSI DASAR YANG AKAN DI CAPAI :

3.1  Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-
        hari.

A.     PENDAHULUAN
   
 

Perkataan geografi berasal dari bahasa Yunani: geo berarti bumi dan graphein berarti Tulisan atau lukisan.
Jadi secara harfiah, geografi berarti tulisan tentang bumi.
Oleh karena itu, geografi sering disebut ilmu bumi namun yang dipelajari dalam geografi bukan hanya mengenai tentang pengetahuan yang ada pada permukaan bumi saja, melainkan juga berbagai hal yang ada di di luar bumi, di dalam bumi benda-benda di ruang angkasa pun turut menjadi objek kajian geografi. Dengan definisi singkat di atas perlu diperluas dan dilengkapi sehingga mencakup semua dikaji dalam studi geografi.

Geografi dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mem mengkaji bumi dan segala sesuatu yang ada di atasnya, seperti penduduk, fauna, flora,iklim, udara, dan segala interaksinya.

v  Berdasarkan hasil seminar lokakarya di Semarang (1989) Geografi adalah
               Ilmu pengetahuan yang mempelajari persamaan dan perbedaan gejala
                alam dan  kehidupan di muka bumi (gejala geosfer) serta interaksi
                antara manusia dan  lingkungannya dalam konteks keruangan dan
                kewilayahan.


Pengertian tersebut tentu saja belum sempurna, namun kiranya sudah cukup sebagai awal untuk mengetahui hakikat dari studi geografi, atau dengan kata lain,
geografi adalah studi tentang gejala-gejala di permukaan bumi secara keseluruhan dalam
              hubungan dan  keruangan, tanpa mengabaikan setiap gejala yang terjadi merupakan
              bagian dari keseluruhan studi  geografi.

Perkembangan ilmu Geografi telah ada sejak masa prasejarah. Keinginan untuk memenuhi kebutuhanya menjadi dasar bagi manusia untuk mempelajari bumi pada masa itu. Pengetahuan tersebut terus berkembang sejalan dengan laju peradaban manusia. Pada zaman kuno, manusia telah mencoba menetapkan kedudukan mereka di muka bumi. lni merupakan awal dalam pembuatan peta seperti sekarang ini.

Akhir abad ke-18, aktivitas penelitian Geografi semakin meningkat., penelitian Geografi pada akhir abad ke-18, diilhami oleh perdebatan hebat mengenai umur bumi. Perdebatan ini dibakar oleh faktor-faktor agama pada masa itu. Peninggalan fosil yang ditemukan di mana-mana turut andil dalam perdebatan itu.

Dari permasalahan di atas, manusia mulai mengamati dan mempelajari gejala alam yang  terjadi bumi secara ilmiah dengan melepaskan kajian bumi dari prasangka-prasangka kuno yang berkembang saat itu. Akibat pengaruh dari ilmu lain, ilmu Geografi membelah dan membelah lagi menjadi beberapa cabang. Cabang-cabang ilmu tersebut kemudian berdiri sendiri. Ada yang mempelajari samudra, bentuk muka bumi, sejarah bumi, dan ada yang mempelajari penduduk bumi.

B.     Perkembangan Ilmu Geografi
Istilah Geografi berasal dari dua kataYunani, yaitu geo yang berarti bumi dan graphein yang berarti menulis.

Pengertian Geografi pertama kali diperkenalkan oleh Eratosthenes (276­194 SM) dalam karyanya yang berjumlah tiga jilid dengan judul Geographica.
Dalam buku itu, ia menulis gambaran permukaan bumi, sejarah, dan konsep utama Geografi. la menyimpulkan bahwa bumi berbentuk bulat dengan panjang kelilingnya 24.650 mil. Keliling bumi di ketahui pada saat itu adalah 24.875 mil.

Pertengahan abad ke-2 M, Claudius Ptolemeus menyatakan bahwa Geografi
                        merupakan penyajian melalui peta sebagian permukaan bumi yang
                          memperlihatkan kenampakan secara umum.
Claudius Ptolomeus sangat berjasa dengan perkembangan pembuatan peta.
Kumpulan peta yang ia buat terkenal dengan Atlas Ptolemeus.
Claudius Ptolemeus mengatakan bahwa pada dasarnya Geografi sangat berbeda dengan korografi, karena Geografi pembahasannya lebih mementingkan hal-hal yang bersifat kuantitatif, sedangkan korografi mengutamakan pembahasan dan kenampakan asli suatu daerah.
Pada awal abad pertengahan, pembahasan Geografi lebih ditekankan untuk kepentingan penyebaran agama, penjelajahan, dan perdagangan. Bernhard Varen atau lebih dikenal Varenius (1622-1650) mengadakan pengaturan tentang Geografi ke dalam bukunya Geographia Generalis.
Dalam buku itu, Geografi dibagi menjadi Geografi umum dan Geografi spesialis.


Geografi umum menelaah bumi secara umum yang berhubungan dengan gejala alamiah
                              permukaan bumi, seperti gejala litosfer, hidrosfer, dan atmosfer, serta
                              mempelajari proses yang terdapat di dalamnya.
Geografi spesialis mempelajari hal atau masalah yang berkaitan dengan gejala-gejala sosial
                                 kebudayaan di permukaan bumi, kemudian berkembang menjadi
                                Geografi regional.
Dalam parkembangan selanjutnya, Geografi lebih dipengaruhi oleh paham Darwinisme tentang teori evolusi dan organisasi. Ilmu Geografi juga dipengaruhi oleh paham fisis determinis. Paham ini mengatakan bahwa kehidupan di bumi banyak ditentukan oleh faktor fisik bumi itu sendiri.

  Hal ini terlihat dengan munculnya beberapa tokoh Geografi sebagai berikut.:

1.       Karl Ritter (1779-1859) mengatakan bahwa Geografi merupakan suatu telaah tentang bum i sebagai tempat hidup manusia yang wilayah pembahasannya adalah semua fenomena di permukaan bumi, baik organik maupun alam anorganiknya yang berkaitan dengan kehidupan manusia.

2.       Friederich Ratzel (1844-1904), ahli Geografi Jerman dengan ajarannya anthropogeographie mengemukakan k6nsepnya Labensraum atau Living Space yang memandang negara sebagai organisasi hidup. Di dalam proses perkembangannya, organisasi hidup memerlukan makan, minum, dan ruang hidup, sehingga untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dia mencari dan menguasai.daerah atau wilayah sekitarnya, khususnya wilayah yang lemah.

  3. Elsworth Huntington (1876-1947), ahli Geografi Amerika Serikat menekankan iklim sebagai penentu kehidupan ( determinis iklim). Huntington mengatakan bahwa Geografi merupakan suatu studi tentang fenomena permukaan bumi serta penduduk yang mendiami wilayah permukaan bumi tersebut.

Di Perancis dipengaruhi oleh aliran posibilisme. Tokoh aliran ini adalah Paul Vidal De la Blache (1845-1918). la mengatakan bahwa Geografi pada dasarnya mempelajari tentang kualitas negara- negara dengan konsepnya Genre de Vie, yaitu tipe proses produksi yang dipilih manusia dari kemungkinan  yang diberikan alam.
Pengertian Geografi di Indonesia
Ilmuwan N-Daljuni mengatakan bahwa Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mengajarkan
                    manusia dalam ruang yang meliputi:
1)       spasial atau ruang merupakan persebaran gejala alami dan manusiawi di
              muka bumi;
2)       ekologi atau mileau merupakan adaptasi manusia dengan Iingkungan fisis    
              dan biologisnya; dan
3)       region merupakan wilayah tempat tinggal manusia berdasarkan kesatuan
            fisiografisnya.

  Prof. Dr. R. Bintarto mengatakan bahwa Geografi pada dasarnya merupakan ilmu
             pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan sifat-sifat bumi,
             menganalisis gejala-gejala alam dan penduduk, serta mempelajari coral (yang
             khas tentang kehidupan dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu.


Berdasarkan pengertian di atas dapat dikatakan bahwa
Geografi adalah ilmu pengetahuan yang menggambarkan, melukiskan, atau
                       mendeskripsikan hal-hal yang berkaitan dengan persamaan dan
                       perbedaan, baik yang terdapat di daratan, lingkungan perairan,
                       lingkungan udara, maupun lingkungan kehidupan.

B. Ruang Lingkup dan Ilmu Penunjang Materi Geografi

  1. Ruang Lingkup Materi Geografi

Pada dasarnya ruang lingkup Geografi mempelajari hal-hal berikut ini.:

a.       Lokasi : menyangkut identifikasi dan mencatat letak atau lokasi suatu tempat, ciri-ciri
               permukaannya, penduduk, dan kegiatannya dengan menggunakan garis
               lintang dan garis bujur.

b.      Hubungan Keruangan : terjadi jika antara suatu tempat, permukaan suatu daratan, dan
                  penduduknya terjadi karena terdapat keterkaitan. Hubungan keruangan ini
                  penting untuk membangun suatu tempat atau kegiatan penduduk.
                  Contoh: kota-kota industri.

c.       Karakter Wilayah :  Ciri-ciri suatu wilayah dengan mempelajari daerah tersebut yang
                    meliputi hal- hal yang menjadi potensial daerah tersebut. Karakter suatu
                    wilayah dapat dipelajari melalui permukaan tanah, iklim, jenis hewan,
                    tumbuh-tumbuhan.

d.      Perubahan Permukaan Bumi : yang disebabkan manusia maupun alam. Perubahan
                      permukaan bumi disebabkan oleh gejala alam mis banjir dan perubahan di
                      sebabkan manusia. Contoh: orang pindah ke tanah baru sehingga
                      mengubah permukaan tanah di tempat baru tersebut.
   
    Kenyataan di atas menunjukkan bahwa ruang lingkup studi Geografi sangat luas. Begitu luasnya ruang lingkup itu, maka tidak mungkin dapat dikuasai hanya dalarn satu kajian Geografi saja. Karena itu, jangan heran jika ada beberapa disiplin ilmu yang merupakan bagian dari ilmu geografi.
                                                                                                                           
  1. Objek Studi Geografi

Objek studi Geografi adalah geosfer dengan mengulas tentang ruang dan waktu serta
            memerhatikan hubungan timbal balik antara unsur- unsur yang terdapat diatasnya.

Secara garis besar obyek studi Geografi dibagi menjadi dua bagian yaitu :
a. Obyek material  : obyek yang dipelajari dalam Geografi Umum yang meliputi dari litosfer,
                               hidrosfer, atmosfer, biosfer dan biosfer
b. Obyek formal    : Cara pandang terhadap obyek material (litosfer, hidrosfer, atmosfer,
                                biosfer dan biosfer) yang di tinjau dari sudut pandang keruangan,
                                kewilayahan dan lingkungan dibahas dalam Geografi sosial dan
                                Geografi regional .
Ilmu penunjang yang membantu Geografi sebagai berikut.

Ø  Biologi: ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup.
Ø  Demografi: ilmu yang mempelajari tentang kependudukan.
Ø   Ekonomi: ilmu yang mempelajari tentang usaha-usaha manusia dalam memenuhi    
                 kebutuhan hidupnya
Ø  Geologi: ilmu yang mempelajari struktur bahan pada lapisan kulit bumi atau litosfer
                dan segala gejalanya.
Ø  Antropologi: ilmu yang mempelajari tentang kebudayaan.
Ø  Ekologi: ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup
                dengan lingkungannya.
Ø  Sosiologi: ilmu yang mempelajari tentang kemasyarakatan.
Ø   Oseanografi: ilmu yang mempelajari tentang laut dengan segala gejalanya, seperti
                  salinitas, relief dasar laut, flora dan faunanya,kedalaman, dan arusnya.
Ø  Geomorfologi: ilmu yang mempelajari relief permukaan bumi.
Ø  Klimatologi- ilmu yang mempelajari tentang iklim.
Ø  Hidrologi: ilmu yang mempelajari tentang air, balk air darat maupun air di samudra
                   atau laut.
Ø      Meteorologi: ilmu yang mempelajari tentang cuaca.
Ø      Zoogeografi: ilmu yang mempelajari penyebaran hewan.
Ø      Phytogeografi: ilmu yang mempelajari penyebaran tumbuh-tumbuhan.
Ø      Geofisika: ilmu yang mempelajari keadaan di bawah tanah atau di  dalam bumi.
Ø      Hidrogeografi: ilmu yang mempelajari seluk-beluk perairan di daratan yaitu sungai,
                       danau, air tanah,rawa.

Konsep Dasar  Geografi / konsep Esensial Geografi dan Contoh Penerapannya dalam
Pengajaran Geografi

1.         Konsep Lokasi , Yaitu :

Konsep Lokasi dibagi menjadi 2, Yaitu :
  1. Lokasi absolut
  2. Lokasi relatif

*                Lokasi absolut, artinya lokasi atau tempat suatu negara berdasarkan garis lintang
                         dan garis  bujur.
                    Contoh : Lokasi absolut negara Indonesia yaitu : 6°LU–11°LS   dan
                                                                                                  95°BT – 141°BT
*                Likasi relatif, artinya lokasi suatu negara berdasarkan kenyataannya di Bumi / letak
                        sebenarnya.
Contoh: Lokasi relatif negara Indonesia yaitu : Indonesia terletak diantara 2 Benua
             ( Asia dan Australia ) dan 2 Samudra ( Samudra Pasifik dan Samudra Hindia )
 
 Gambar: Konsep lokasi Negara Indonesia



2.         Konsep jarak ,Yaitu jarak dari suatu tempat yang satu dengan tempat yang lain.

   Jarak geometrik, yang dinyatakan dalam satuan panjang seperti : Km, M, Cm dsb
    Jarak waktu, yang di ukur dengan satuan waktu ( jarak tempuh ),seperti,Jam,Menit,
                           Detik dsb
3.         Konsep Keterjangkauan,Yaitu : mudah atau sulitnya  suatu lokasi untuk dijangkau.

Keterjangkauan dipengaruhi oleh lokasi, jarak dan kondisi tempat
§  Misalnya : daerah pegunungan dgn hanya jalan setapak , dibandingkan dengan
                 daerah perkotaan yang mudah dijangkau.
§  Transmigrasi penduduk pulau Jawa ke pulau lain seperti, Sumatera, Kalimantan,Sulawesi, Maluku dan Papua bisa ditempuh dan terjangkau dengan pesawat udara)


4.              Konsep Pola, Yaitu: tatanan geometris yang beraturan. Pola dapat berbentuk garis/ linier, mengelompok acak dan tersebar.
Pola permukiman mengelompok, menyebar dan memanjang terkait dengan sungai,Jalan, bentuk lahan dan sebagainya dapat menentukan jenis pekerjaan dari manusia yang tinggal di daerah tersebut.




5.         Konsep Morfologi ,Yaitu : Bentuk lahan terkait dengan proses pengendapan dan
                                  penggunaan  lahan














6.         Konsep Aglomerasi ,Yaitu : adalah kecenderungan  mengelompokkan suatu gejala
                yang  terkait dengan aktivitas manusia.
Penduduk cenderung mengelompok pada tingkat yang sejenis, daerah kumuh, mewah


7.         Konsep Nilai Kegunaan,Yaitu: konsep yang berkaitan dengan nilai guna suatu
               wilayah yang dapat  dikembangkan menjadi potensi  yang menunjang
               perkembangan suatu wilayah.
         (Daerah yang digunakan untuk Lokasi Daerah wisata dapat bernilai lebih tinggi di
          bandingkan untuk yang lainnya)



8.         Konsep Interaksi/Interdepedensi, Yaitu :  konsep yang menunjukkan keterkaitan dan  
               ketergantungan satu  daerah  dengan daerah lain untuk saling  memenuhi
               kebutuhannya.
,(Gerakan perpindahan orang dari daerah yang padat penduduknya ke daerah yang jarang penduduknya)
 

9.         Konsep Dinferensial Areal ,Yaitu :  konsep yang membandingkan dua wilayah untuk menunjukkan adanya  perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah lain karena tiap-tiap wilayah  memiliki karakteristik khas masing- masing. (Fenomena yang berbeda dari satu tempat ketempat lain.)
10.     Keterkaitan Ruang,  Yaitu konsep yang menunjukkan tingkat keterkaitan antar  wilayah dan mendorong terjadinya interaksi  sebab-akibat antar wilayah (Kekhususan suatu wilayah mendorong berbagai bentuk kerjasama atau saling tukar menukar jasa dengan wilayah lain.)

    3. GEJALA GEOGRAFI DALAM KEHIDUPAN SEHARI- HARI

Dalam kehidupan sehari – hari kita jumpai berbagai gejala geosfer, antara lain :
a.       Pengaruh cuaca dan iklim dengan masa tanam dan jenis tanaman dibidang pertanian
b.       Pengaruh angin terhadap aktivitas penangkapan ikan oleh nelayan. 
c.       Pengaruh bentukan muka bumi (relief) terhadap pola- pola permukiman penduduk 
d.       Pengaruh lokasi persebaran pusat- pusat aktivitas penduduk seperti sarana pendidikan




4 ( EMPAT)  PRINSIP DALAM GEJALA GEOGRAFIS
1.       Prinsip Persebaran : Suatu gejala yang tersebar tidak merata dipermukaan bumi yang meliputi bentang alam, tumbuhan, hewan, dan manusia.
2.    Prinsip Interelasi : suatu hubungan saling terkait dalam ruang , antara gejala yang satu dengan yang lainnya
3.    Prinsip Deskripsi : penjelasan lebih jauh mengenai gejala- gejala yang kita selidiki/pelajari disajikan dalam bentuk gambar, tulisan grafik dan peta
4.   Prinsip Korologi : gejala, fakta ataupun masalah geografi di suatu tempat yang ditinjau sebarannya, interelasinya, interaksinya dan integrasinya dalam ruang tertentu, sebab ruang itu akan memberikan karakteristik kepada kesatuan gejala tersebut.



 
PENDEKATAN GEOGRAFI
Dalam geografi modern yang dikenal dengan geografi terpadu (intergated geography)

Digunakan 3 (tiga) pendekatan., yaitu :
·         Pendekatan analisis keruangan,
·         Pendekatan kelingkungan
·         Pendekatan kompleks wilayah.

a. Pendekatan Keruangan
        Analisis yang mendasar pada perbedaan lokasi dan daerah- daerah di sekitarnya.
Factor – factor yang menentukan pola penyebaran dan cara menentukan pola sehingga dicapai penyebaran yang lebih baik, efisien dan lebih baik.
Analisis keruangan membutuhkan kumpulan data lokasi yang meliputi data fisik, misalnya ketinggian tempat, jenis tanah, dan kedalaman air tanah.
Data luas wilayah , misalnya luas sawah, luas hutan, dan luas pemukiman.

b. Pendekatan Kelingkungan
        Analisis yang mendasar pada interaksi organisme dengan lingkungan.
Organisme meliputi manusia, hewan, dan tumbuhan. Lingkungan meliputi hidrosfer, litosfer, dan atmosfer.

c. Pendekatan Kewilayahan
        Analisis yang mendasar pada kombonasi antara analisis keruangan dan analisis ekologi.
Analisis ini menekankan pengertian “ areal differentiation “ yaitu adanya perbedan karakteristik tiap – tiap wilayah. Perbedaan ini mendorong suatu wilayah dapat berinteraksi dengan wilayah lain. Perkembangan wilayah yang saling berinteraksi terjadi karena ada saling membutuhkan.




I. Jawablah Isian dari Peta Konsep di bawah Ini !








II. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar !

1.       Dalam geografi, prinsip deskripsi sangatlah penting karena pendeskripsian suatu wilayah dimaksudkan untuk ……..
a.       menampilkan peta secara lengkap
b.       membuat simbol-simbol secara benar
c.       mengembangkan semua potensi sumber daya yang ada
d.       menarik minat investor
e.       merencanakan pembangunan wilayah

2.       Segala sesuatu di sekitar manusia yang berupa makhluk hidup termasuk di dalamnya manusia adalah definisi …..
a.       lingkungan fisikal
b.       lingkungan biologis
c.       lingkungan social
d.       lingkungan abiotik
e.       geografi penduduk

3.       Ilmu pengetahuan yang mempelajari bentuk-bentuk permukaan bumi yang terjadi karena kekuatan-kakuatan yang bekerja di dalam dan di atas permukaan bumi disebut …….
a.       geofisika
b.       geomorfologi
c.       meteorologi
d.       oseanografi
e.       astronomi

4.       Faktor yang menentukan iklim di suatu daerah adalah ….
a.       letak lintang
b.       bentuk daerah
c.       letak bujur
d.       musim
e.       letak lintang dan bentuk daerah

5.       Menurut para ahli, musim kemarau panjang datangnya ……..
a.       dua tahun sekali
b.       tiga tahun sekali
c.       empat tahun sekali
d.       lima tahun sekali
e.       enam tahun sekali

6.       Penjelasan lebih jauh mengenai gejala-gejala yang diselidiki atau dipelajari disebut ……
a.       prinsip interelasi
b.       prinsip persebaran
c.       prinsip deskripsi
d.       prinsip korologi
e.       prinsip kronlogi

7.       Pada suatu wilayah pegunungan, ada yang sebagian dimanfaatkan untuk kawasan budi daya dan adapula yang sebagian dimanfaatkan untuk kawasan lindung. Hal seperti ini sesuai dengan ………
a.       prinsip interelasi
b.       konsep interaksi
c.       prinsip korologi
d.       konsep diferensial areal
e.       prinsip persebaran

8.       Keberadaan suatu mata air panas, sumber-sumber gas dan danau-danau vulkanik aktif, pasti berhubungan dengan aktivitas vulkanik di kawasan tersebut.
      Fenomena tersebut sesuai dengan konsep geografi, yaitu ……..
a.       konsep interdependensi
b.       konsep pola
c.       konsep morfologi
d.       konsep keterkaitan keruangan
e.       konsep jarak

9.       Suatu fosil ditemukan pada suatu lapisan batuan dan diperkirakan hidup pada masa Miosen Atas. Fakta di atas adalah menjawab pertanyaan pada ruang lingkup kajian studi geografi yang bertema ……
a.       where
b.       when
c.       why
d.       how
e.       what



10.   Fenomena hidrosfer, biosfer, litosfer dan atmosfer dibahas pada ……..
a.       geografi manusia
b.       geografi fisik
c.       gegrafi umum
d.       geografi social
e.       geografi teknik

11.   Geografi merupakan suatu studi mengenai perbedaan serta persamaan geosfer. Oleh sebab itu, geosfer disebut sebagai ……
a.       objek formal geografi
b.       objek fungsional geografi
c.       objek regional geografi
d.       objek material geografi
e.       objek fungsional geografi

12.   Pada awalnya, ilmu geografi hanyalah bersifat cerita-cerita tentang pengalaman dan kesan-kesan suatu perjalanan dari berbagai tempat di dunia, tanpa membahas ketepatan posisi bumi dan cirri-ciri khasnya. Tulisan ini dikenal dengan nama …….
a.       logografi
b.       kronologi
c.       chorografi
d.       chorologi
e.       kosmografi

13.   Salah satu penunjang dalam ilmu geografi yang mempelajari lautan beserta isinya disebut …
a.       biologi
b.       geomorfologi
c.       hidrologi
d.       antropologi
e.       oceanologi

14.   Pendekatan yang meninjau manusia sebagai suatu subjek pada kesatuan ruang adalah ……
a.       Pendekatan biologi

b.  pendekatan sejarah
c.  pendekatan kompleks wilayah
d.  pendekatan deskripsi
e.  pendekatan keruangan





15. Penduduk Indonesia sebagian besarada di Pulau Jawa, hal tersebut dalam geografi   
  termasuk pengungkapan data penduduk dengan prinsip….
a.    sebaran
b.    interrelasi
c.    deskripsi
d.    korologi
e.    region







16. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, wilayah pantai Barat Sumatera sudah beberapa kali di guncang gempa tektonik dan dilihat dari struktur geologinya wilayah tersebut berada di zona tumbukan lempeng.
     Prinsip geografi yang di gunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ....
A.   prinsip persebaran                                        D. prinsip deskripsi
B.   prinsip distribusi                                            E. prinsip korologi
C.    prinsip interelasi

17.  Pulau jawa penduduknya sangat padat, jika dibandingkan dengan pulau lainnya seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Irian Jaya. Fenomena keadaan penduduk ini, mengacu pada … .
A.    prinsip persebaran                                 D. prinsip deskripsi
B.    prinsip korologi                                      E. prinsip interseksi
C.    prinsip interelasi

18.     Wartawan media cetak menulis peristiwa gunung Merapi Jawa Tengah dengan
          menjelaskan penyebab terjadinya, daerah yang kena bencana, aliran lava dan kerugian   
        yang di alami penduduk dengan menggunakan tulisan dan gambar-gambar serta
        melaporakan keadan penduduk di tempat pengungsian. Wartawan media dalam rangka
         mengungkap fenomena tersebut telah menggunakan ... .
A.       prinsip persebaran                                  D. prinsip deskripsi
B.       prinsip korologi                                       E. prinsip interseksi
C.       prinsip interelasi

19.  Pak Seno pengusaha dari Jakarta  memiliki lahan 2 ha di kawasan puncak yang di jadikan
  tempat peristirahatan. Sedangkan Pak Dadang memiliki 1 ha di samping tanah Pak Seno
  yang di tanami dengan palawija untuk memenuhi kebutuhan hari-hari.
        Konsep geografi yang digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ....
A.        Konsep pola                                    D. Konsep nilai kegunaan
B.        Konsep morfologi                            E. Konsep aglomerasi
C.        Konsep keterjangkauan

20.  Pegunungan mempunyai suhu lebih rendah daripada di daerah dataran rendah.Oleh
   karena itu sayuran, teh dan pinus dapat tumbuh dengan baik di daerah pegunungan. Konsep  
   geografi yang sesuai dengan hal tersebut adalah ......
A.        Konsep keterkaitan keruangan      D. Konsep nilai kegunaan
B.        Konsep aglomerasi                        E. Konsep interaksi/interdependensi
C.        Konsep diferensiasi area

21.   Peserta Ujian Masuk Perguruan Tinggi terlambat mengikuti ujian karena salah menaiki kenderaan (BIS) yang menuju tempat pelaksanaan ujian. Fenomena berkaitan dengan ...
A.        konsep keterjangkauan                              D. konsep morfologi
B.        konsep aglomerasi                           E. konsep nilai kegunaan
C.       konsep pola




22.     Banjir yang sering terjadi di sekitar pemukiman penduduk di daerah perkotaan akibat semakin dangkal dasar sungai. Pendangkalan sungai terjadi akibat adanya penduduk yang membuang sampah ke sungai.
         Pendekatan geografi untuk mengkaji untuk mengkaji hal tersebut adalah ....
A.        Pendekatan keruangan                        D. Pendekatan kewilayahan
B.        Pendekatan ekologi                             E. Pendekatan kompleks wilayah
C.        Pendekatan korologi

23.      Banjir yang terjadi di kota Jakarta tidak semata karena drainase yang kurang baik tetapi juga pengaruh dari wilayah sekitar Jakarta seperti Bogor,Depok dan Tangerang.Karena  wilayah tersebut sebagai daerah resapan air sudah banyak beralih fungsi sebagai wilayah pembangunan. Oleh karena itu dalam pengambilan kebijakan  penanganan banjir di Jakarta harus juga melibatkan wilayah-wilayah tersebut. pendekatan geografi yang digunakan adalah....
A.              Ekologi                                      D. kelingkungan
B.               Keruangan                                E. kompleks wilayah
C.              Kemanusian

24.     Peristiwa gempa bumi yang disertai dengan tsunami di Jepang beberapa waktu yang lalu telah melululantakkan sebagian besar kota yang berada pada pantai timur kep. Honsu Jepang. Hal ini disebabkan  oleh karena Jepang dilalui oleh rangkaian pegunungan muda sirkum pasifik hasil tumbukan lempeng Pasifik dan Eurasia, pendekatan geografi dalam mengkaji fenomena tersebut adalah ... .
A.   pendekatan  kemanusian                       D. pendekatan temporal
B.   pendekatan kompleks wilayah                E. pendekatan ekologi
C.   pendekatan keruangan

25.      Gejala geosfer:
(1)     terjadinya bencana alam;
(2)     perubahan cuaca dan iklim;
(3)     persebaran pemukiman;
(4)     terjadinya urbanisasi;dan
(5)     perkembangan jumlah penduduk;
Aspek geosfer sosial di tunjukkan nomor ...
A.        (1), (2), dan (3)                                      D. (2), (4), dan (5)
B.        (1), (2), dan (5)                                      E. (3), (4), dan (5)
C.        (1), (3), dan (4)

26.   Fenomena geosfer :
(1)       Gunung Bromo melontarakan Pasir dan debur
(2)       Tsunami menghamtan Aceh Darussalam
(3)       Banjir bandang melanda China
(4)       Badai salju melanda kawasan China
(5)       Angin topan menerjang Wilayah Filifina
        Aspek fisik yang berkaitan dengan fenomena lithosfer terdapat pada nomor...
A.        (1) dan (2)                                                      E. (3) dan (5)
B.        (1) dan (3)                                                      D. (4) dan (5)
C.       (2) dan (4)

27.    Peristiwa gunung meletus, gempa Bumi, dan longsor yang sering terjadi di wilayah Indonesia. Hal itu merupakan contoh aspek geosfer pada lapisan…
A.     Atmosfer                                                 D. Biosfer
B.    Lithosfer                                                   E. Antroposfer
C.   Hidrosfer

28.  Gajah, badak, banteng dan harimau adalah jenis hewan di kawasan Indonesia Bagian Barat,
       sedangkan anoa dan komodo adalah hewan khas kawasan indonesia tengah
          Prinsip geografi yang berkaitan dengan fenomena tersebut adalah....
A.        prinsip persebaran                              D. prinsip lokasi           
B.        prinsip interelasi                                 E. prinsip deskripsi
C.       prinsip korologi

29.    Hubungan perdagangan antara Jepang dengn Indonesia sangat intensif, karena jepang membutuhkan bahan mentah yang banyak dihasilkan oleh Indonesia. Sebaliknya Indonesia membutuhkan barang-barang modern produksi Jepang
          Konsep geografi yang berkaitan dengan hal tersebut adalah ....
A.  konsep aglomerasi                                      D. konsep nilai kegunaan
B.  konsep keterkaitan keruangan                      E. konsep interdependensi
C.  konsep  diferensi area

30.    Pada musim hujan bencana tanah longsor dan banjir sering terjadi karena penggundulan hutan.
    Pendekatan geografi untuk mengkaji permasalahan tersebut adalah....
A.      Pendekatan keruangan                               D. Pendekatan korologi
B.      Pendekatan ekologis                                  E. Pendekatan kompleks wilayah
C.     Pendekatan campuran




III. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar dan jelas!

1.  Jelaskan perkembangan ilmu geografi dengan membuat  skema  sederhana ?
2.  Jelaskan ruang lingkup geografi dalam kehidupan sehari – hari ?
3.  Jelaskan istilah- istilah berikut ini :
     a. Diferensial area                 e. Biosfer
     b. Aglomerasi                                    f.  Sistem Informasi Geografi
     c. Morfologi                           g. Kartografi
     d. Korologi                            h. Interelasi dan Interaksi

4.   Jelaskan disertai  analisis masalah Pemukiman Kumuh di kota Surabaya dengan menggunakan Prinsip Penyebaran ?

5.   Jelaskan  diserta analisis musibah Banjir kota Surabaya dengan menggunakan Pendekatan Kelingkungan ?
6.   Jelaskan perbedaan obyek formal dan obyek material  ?
7.   Jelaskan aspek geografi yang menyebabkan adanya migrasi penduduk ?
8.   Mengapa terdapat perbedaan pola tata ruang kota dan tata ruang pedesaan ?
9.   Gambarkan pola penyebaran The Pacific of Fire dan analisis perubahannya dengan jenis
       batuannya ?
10. Jelaskan perbedaan keilmuan dari Hidrogeografi dengan Hidrologi min 3?


III. Isilah titik- titik dengan jawaban yang benar !

1).   Adaptasi manusia dengan lingkungan fisis dan biologisnya di kenal dengan istilah   
       ………………… …..………….
.2). Ciri- ciri suatu wilayah dengan mempelajari daerah tersebut yang meliputi hal- hal yang
       menjadi potensial daerah tersebut …………………………………
3). Cara pandang terhadap obyek material (litosfer, hidrosfer, atmosfer, biosfer, antroposfer)…
      ..............................................
4). Pola penyebaran pemukiman penduduk di daerah pantai …………………………….,
5). Gejala, fakta, ataupun masalah geografi di suatu tempat yang ditinjau sebarannya,
      interelasi, interaksi dan integrasi nya disebut prinsip ……………………………….
6). Perbedaan karakteristik tiap- tiap wilayah menggunakan pendekatan ……………………
7). Penjelasan lebih jauh mengenai gejala- gejala yang kita selidiki termasuk prinsip
       ……………………,
8). Nilai guna lahan di desa mempunyai fungsi sebagai ………………………..
9). Tanah longsor merupakan bencana yang dapat di atasi dengan menggunakan pendekatan
      …………………… memindahkan korban bencana ke daerah sekitar untuk pengungsian
      dan  relokasi bencana.
10). Nelayan untuk mendapatkan tangkapan ikan yang banyak dengan mencari ikan di laut,
       dengan menggunakan pendekatan ……………………..

IV. Evaluasi Pertama
A.      Amatilah dua gambar di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini !





Gambar 1                                                          Gambar 2               
Fenomena geosfer apa yang ada pada gambar 1 :                                            Alam………………………….                                                                      Kehidupannya………………...
Fenomena geosfer apa yang ada pada gambar 2 :                                       Alam……………………………                                                               Kehidupan……………………..
Apa persamaan gejala geosfer yang ada pada gambar 1 dan  gambar 2 …………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………..
Apa perbedaan gejala geosfer yang ada pada gambar 1 dan  gambar 2                                                                                                                                                                    …………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………..
Jelaskan interaksi antara manusia dan lingkungannya dalam konteks keruangan pada gambar 1 dan gambar 2!..................................

V.        Tentukan konsep essensial geografi yang sesuai dengan pernyataan-pernyataan pada tabel berikut !


1.       Evaluasi kedua
A.   Jelaskan gambar dibawah ini sesuai dengan prinsip geogarfi
Prinsip apa yang digunakan dalam menjelaskan gambar  di samping ! ...................................
mengapa :……………………………………………………………………………………………………………………………………………


Prinsip apa yang digunakan dalam menjelaskan gambar  di samping …………………………..,
mengapa :
:……………………………………………………………………………………………………………………………………………

Prinsip apa yang digunakan dalam menjelaskan gambar  di samping …………………………..  mengapa:……………………………………………………………………………………………………………………………………………

2 komentar: